Monday 2 September 2013

Anemone

               
        Nama bunga Anemone berkaitan dengan mitologi dewa dewi Romawi. Anemone dalam bahasa Yunani beraarti ‘Bunga Angin’. Berdasarkan mitologinya, anemone muncul dari air mata Aphrodite(Dewi asmara) saat ia menangisi kematian Adonis. Bunga ini dianggap membawa keberuntungan dan perlindungan dari kejahatan. Legenda juga mengisyaratkan bunga ini dengan kedatangan hujan. Mereka mengatakan bahwa saat anemone menguncupkan kelopaknya, itu berarti pertanda akan datangnya hujan. Mitologi lain mengatakan bahwa peri peri magis tidur di bawah kelpak anemone yang menutup saat matahari terbenam. Begitu banyaknya kisah magis dibalik bunga ini membuatnya menjadi lambang antisipasi dalam bahasa bunga. Bunga beragam warna ini mewakili suatu langkah antisipasi akan hal hal yang tak terduga. Bunga ini bermakna Pengabdian, Pengampunan, Ketulusan.
Anemone(アネモ)  dilihat dari Hanakotoba( hana=bunga, kotoba=kata) atau makna bunga menurut orang jepang bermakna Bersungguh-sungguh. Sumber yang lain mengatakan bahwa bunga ini bermakna Ketulusan. Dalam daftar bahasa bunga yang aku temukan juga mengatakan bahwa bunga ini bermakna cinta yang tidak luntur, kebenaran, ketulusan, antisipasi, menyerah, harapan yang pudar.
Bunga ini biasa digunakan sebagai bunga tangan pernikahan. Tahu kan ?? Bunga tangan adalah bunga yang biasa dibawa pengantin wanita saat masuk altar dan melemparkannya di akhir acara. Kenapa Anemone menjadi salah satu bunga tangan? Karena bunga ini juga bermakna harapan.

                
 
 Well, satu bunga bisa memiliki begitu banyak arti dan bunga ini adalah salah satu bunga favoritku. Semuanya berawal waktu aku temukan makna bunga ini dalam daftar bahasa bunga,yaitu  cinta yang tidak luntur, kebenaran, ketulusan, antisipasi, menyerah, harapan yang pudar.Bukan cinta yang tidak luntur, kebenaran, ketulusan, dan antisipasi yang aku lihat, tapi malah menyerah dan harapan yang pudar. Mungkin karena saat itu bukanlah saat-saat terbaikku. Hingga sekarang makna bunga itu selalu terbayang. Bahkan hanya mendengar namanya sudah bisa mengingatkanku akan hari itu. Mungkin ini adalah sebagian  jawaban atas pertanyaan 'Kenapa Anemone?'


1 comment:

  1. Me too, arti yang aku lihat adalah menyerah dan harapan yang pudar.

    ReplyDelete